TAHFIDZ AL-QURAN

Program Tahfidz al quran ini sudah dilaksanakan di Panti Asuhan Insan Cita 165 dan dijalankan bagi anak-anak yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk menghafal al quran secara konsisten, untuk memaksimalkan program tahfidz ini Insya Allah akan dibangun asrama tersendiri diatas tanah waqaf.

Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat Islam. Di dalamnya terkandung berbagai ilmu pengetahuan untuk manusia. Untuk itu membacanya termasuk suatu kebaikan bahkan kewajiban. Selain itu, Al-Qur’an berisi petunjuk untuk hidup manusia.

Mengamalkan Al-Qur’an adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim di dunia. Karena, di dalamnya terdapat penjelasan mengenai apa yang harus dilakukan dan apa yang dilarang bagi umat Islam. Bahkan di dalamnya terdapat ilmu pengetahuan mulai dari kesehatan, politik, ilmu pengetahuan alam, dan ilmu lainnya. Maka Al-Qur’an adalah petunjuk yang berisi penjelasan seluruh aspek kehidupan manusia.

Untuk mengamalkannya harus dimulai dari membacanya. Setelah dibaca, isinya pun harus dijaga. Caranya dengan memahami isi Al-Qur’an dari artinya. Tak hanya dipahami artinya, harus juga di amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka, beberapa orang yang ingin menjaga sepenuh hati Al-Qur’an juga menghafalkan ayat-ayat di dalamnya.

Menghafal Al-Qur’an sebagai bentuk menjaga sepenuh jiwa dan raga amalan dalam Al-Qur’an. Apalagi dalam sholat, umat Islam diwajibkan untuk membaca surah pendek atau surah lain selain Al-Fatihah. Untuk itu, menghafal dan membaca Al-Qur’an adalah bagian penting dari kehidupan seorang muslim dan muslimah.

Kini, sudah banyak bermunculan kembali anak-anak penghafal Al-Qur’an. Dengan bimbingan orangtua mereka, akhirnya mereka berhasil menjadi seorang hafidz. Ternyata hal ini pun didasari karena kesadaran orangtua akan manfaat membaca dan menghafal Al-Qur’an.

Anda juga ingin tahu apa saja manfaat yang bisa diambil dari menghafal dan membaca Al-Qur’an? 

1. Mendapat Kenikmatan Dunia

Menurut beberapa hadits, salah satu kenikmatan dunia adalah hafal dengan Al-Qur’an. Dengan menjaga Al-Qur’an, Allah senantiasa memberikan kemudahan baginya. Bahkan Allah izinkan hambanya untuk iri pada seseorang yang diberi kenikmatan hafal Al-Qur’an.

”Tidak boleh seseorang berkeinginan kecuali dalam dua perkara, menginginkan seseorang yang diajarkan oleh Allah kepadanya Al-Qur’an kemudian ia membacanya sepanjang malam dan siang, sehingga tetangganya mendengar bacaannya, kemudian ia berkata, ‘Andaikan aku diberi sebagaimana si fulan diberi, sehingga aku dapat berbuat sebagaimana si fulan berbuat’” (HR. Bukhari)

2. Mendapat Pahala Kebaikan

Manfaat menghafal Al-Qur’an selanjutnya adalah bertambahnya pahala kebaikan. Semua manusia berlomba untuk bisa memperoleh pahala. Pahala inilah yang akan menghantarkan manusia ke surga. Pahala diperoleh dari kebaikan yang dilakukan selama manusia hidup. Salah satunya dengan membaca dan menghafal Al-Qur’an. Allah pun akan lipat gandakan pahala ini bagi orang-orang yang rajin.

“Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali. tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.” (HR. Tirmidzi)

3. Mendapat Penghargaan dari Nabi SAW berupa Penghargaan Khusus Tasyrif Nabawi

Rasulullah sangat menghargai para hafidz Qur’an. Diberikannya berbagai keutamaan khusus. Seperti saat wafat akan didahulukan di kubur, dan juga dijadikan pemimpin delegasi atau pasukan khusus. Orang yang punya hafalan banyak pun diizinkan menjadi imam sholat berjamaah.

Adalah nabi mengumpulkan di antara dua orang syuhada Uhud kemudian beliau bersabda, “Manakah di antara keduanya yang lebih banyak hafal Al-Qur’an, ketika ditunjuk kepada salah satunya, maka beliau mendahulukan pemakamannya di liang lahat.” (HR. Bukhari)

Rasulullah SAW bersabda, ”Yang menjadi imam suatu kaum adalah yang paling banyak hafalannya.” (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah ia berkata, “Telah mengutus Rasulullah SAW sebuah delegasi yang banyak jumlahnya, kemudian Rasul mengetes hafalan mereka, kemudian satu per satu disuruh membaca apa yang sudah dihafal, maka sampailah pada Shahabi yang paling muda usianya, beliau bertanya, “Surat apa yang kau hafal? Ia menjawab, ”Aku hafal surat ini.. surat ini.. dan surat Al Baqarah.” Benarkah kamu hafal surat Al Baqarah?” Tanya Nabi lagi. Shahabi menjawab, “Benar.” Nabi bersabda, “Berangkatlah kamu dan kamulah pemimpin delegasi.” (HR. At-Turmudzi dan An-Nasa’i)

4. Mencerminkan Seseorang yang Memiliki Ilmu

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa orang berilmu punya nilai lebih. Karena, ilmulah yang menjaga seseorang. Dibandingkan harta, orang yang berilmu senantiasa punya jabatan lebih. Dalam Al-Qur’an pun, orang yang hafal Al-Qur’an sangat istimewa.

“Sebenarnya, Al Qur’an itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.” (QS Al-Ankabuut 29:49)

5. Memberikan Derajat dan Wibawa yang Lebih Baik

Membaca Al-Qur’an akan membuat diri lebih berilmu. Dengan demikian, orang-orang pun akan menghormati penghafal Al-Qur’an. Seorang penghafal Al-Qur’an akan disenangi, disayangi, bahkan dikagumi banyak orang. Karena, ingin mencontoh kemampuannya.

“Orang orang yang hebat dalam membaca Al-Qur’an akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan da taat pada Allah SWT  dan orang orang yang terbata-bata membaca Al-Qur’an lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala,” (HR. Bukhari)”

6.Menghormati Seorang Hafidz juga Disukai Allah

Dalam hal ini Allah melihat seseorang yang menyenangi dan mengagumi hafidz sama halnya mengagungkan Allah. Artinya, dengan kuasa Allah seorang hafidz dimampukan untuk bisa hafal banyak ayat. Itulah sama halnya mengagumi kuasa Allah berupa rahmat pada seorang penghafal Al-Qur’an.

“Sesungguhnya termasuk mengagungkan Allah menghormati orang tua yang muslim, penghafal Al-Qur’an yang tidak melampaui batas (di dalam mengamalkan dan memahaminya) dan tidak menjauhinya (enggan membaca dan mengamalkannya) dan Penguasa yang adil.” (HR. Abu Daud)

7. Hafidz Merupakan Orang-orang Terpilih

Manfaat menghafal Al-Qur’an sangat banyak bagi seorang hafidz atau orang yang fasih menghafalkan Al Qur’an. Hidayah Allah diketahui hanya untuk orang-orang tertentu saja. Termasuk seorang yang hafal Al-Qur’an, mereka juga adalah orang-orang pilihan Allah.

“Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al-Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya.” (HR. Ahmad)

8. Mendapat Perlindungan dan Rahmat Lewat Malaikat

Allah sangat menyukai orang-orang yang menjaga Al-Qur’an dalam dirinya. Termasuk dengan membaca dan menghafalnya. Apalagi dengan memahami isi dan mengamalkannya. Allah memberi perhatian khusus bagi orang-orang ini. Allah melindungi mereka dari kejahatan. Selain itu juga melimpahkan banyak rahmat bagi mereka.

” Ketika para kaum muslim berkumpul di masjid masjid allah dan mereka membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya, maka akan datang kepada mereka ketentraman , rahmat allah dan dilindungi malaikat malaikat dan allah menyebut mereka dihadapan makhluk yang ada didekatnya.”

9. Al-Qur’an Menjadi Syafa’at (Penolong) bagi para Pembacanya

Membaca Al-Qur’an bisa menyelamatkan kita di akhirat. Al-Qur’an akan menolong dan menemani setelah hidup berakhir. Bahkan sampai kematian pun, seorang yang dekat dengan Al-Qur’an akan memperoleh kemuliaan.

“Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.” (HR. Muslim)”

10. Memperoleh Mahkota Kemuliaan yang disebut dengan Tahjul Karomah

Manfaat menghafal Al-Qur’an selanjutnya adalah memperoleh mahkota kemuliaan atau Tahjul Karomah. Penghargaan ini datangnya langsung dari Allah. Merekalah orang-orang terpilih yang dianggap bisa melewati ujian di dunia yang hanya sementara. Mereka dianggap berhasil lulus dari segala cobaan duniawi.

Mereka akan dipanggil, “Di mana orang-orang yang tidak terlena oleh menggembala kambing dari membaca kitabku?” Maka berdirilah mereka dan dipakaikan kepada salah seorang mereka mahkota kemuliaan, diberikan kepadanya kesuksesan dengan tangan kanan dan kekekalan dengan tangan kirinya. (HR. At-Tabrani)

Dan masih banyak lagi manfaat dari tahfidz alquran ini , semoga dengan adanya program tahfidz AL-Qur’an ini para santri dan santriwati mendapat rahmat dari ALLAH SWT aminn